"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Sabtu, 01 Maret 2008

Membaca ebook melalui HP berbasis java

Membaca buku melalui ponsel tentunya menjadi hal mengasikkan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu senggang kita. Namun bagaimanakah caranya apabila ponsel yang kita miliki(terutama ponsel berbasis java) tidak mempunyai sarana untuk membaca file dokumen seperti pdf atau MsWord? Sebenarnya telah ada aplikasi ponsel bebrbasis java untuk membaca pdf. Namun untuk membaca pdf yang ukurannya besar, aplikasi ini agak berat. Salah satu alternatif lain adalah dengan menggunakan mjBookMaker.

mjBookMaker adalah sebuah software untuk pc yang dapat dipergunakan untuk membuat buku elektronik(ebook) yang berbentuk jar(file instalasi), kemudian jar ini bisa diinstall ke dalam ponsel. Sehingga ebook tersebut bisa dibaca melalui ponsel.

Berikut ini saya akan mencoba membuat aplikasi ebook dengan mjBookMaker. Sebagai contoh akan saya pergunakan sebuah ebook berbentuk pdf yang berjudul Ayat Ayat Cinta karya Habiburrahman Saerozi (ayat ayat cinta.pdf). Sebuah novel laris yang saat ini sudah dibuat filmnya. Untuk pdfnya bisa dicari lewat Google, banyak tempat yang menyediakan filenya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:



mjBook Maker hanya bisa mengubah file MsWord dan plain text (txt) sehingga pdf ini harus diubah dahulu menjadi MsWord atau plain text. Saya memilih mengubah menjadi plain text saja agar ukuran filenya lebih kecil. Untuk mengubah pdf menjadi text bisa mempergunakan portable pdf converter. Untuk mendownload klik disini (4 mega).
Ubah file ayat ayat cinta.pdf menjadi text, maka kemudian akan diperoleh sebuah file berformat plain text (ayat ayat cinta.txt). Agar susunannya bisa lebih menarik, bisa diedit dahulu text tersebut.
Download mjBookMaker disini (447 kb)
Ekstrak dan jalankan mjBookMaker. Aplikasi ini tidak perlu diinstal terlebih dahulu. Bisa langsung digunakan.
Akan ada tampilan seperti gambar diatas
Di “Book Name(midlet name)” isi dengan judul buku tersebut. Judul ini juga akan menjadi nama aplikasi/jar.
“Information About Book…” bisa diisi dengan nama pengarang dan sebagainya.
Di “Source File” klik icon […] untuk membuka file txt yang akan diubah menjadi aplikasi ebook.
Hal lain yang perlu diubah adalah “Max size of text part (bytes)”. Setingan ini adalah untuk membagi text menjadi beberapa aplikasi ebook sesuai ukuran yang kita tentukan. Namun apabila hanya ingin membuat 1 ebook maka bisa diisi dengan 990000 atau nilai yang lebih besar sesuai besarnya ebook.
Untuk font color dan back color bisa diubah sesuai selera. Saya menggunakan warna font putih dengan background hitam, agar tidak terlalu menyilaukan mata dan menghemat baterai.
Untuk menampilkan tampilan pembuka seperti cover buku,foto dsb bisa menggunakan “Add image”. Saat aplikasi dijalankan maka tampilan pembuka akan tampil selama bebapa detik. Jika ini dikosongi maka hanya ada layar putih saja. Untuk memasukkan gambar, centang “Add image” kemudian masukkan file gambar yang diinginkan (file gambar formatnya png dan ukurannya sebaiknya sesuai dengan ukuran layar ponsel Anda)
Untuk melihat preview bisa melalui bagian kanan “Preview for phone screen resolution”. Pilih sesuai ukuran layar ponsel Anda.
Klik “Start” untuk membuat aplikasi ebook tersebut.
Setelah selesai klik “Show Midlet”.
Anda bisa mencoba aplikasi ebook ini dengan emulator seperti sjBoy dsb, sebelum dimasukkan ke dalam ponsel.
Setelah diinstal ke dalam ponsel, jalankan aplikasi tersebut. Novel Ayat Ayat Cinta sudah bisa Anda nikmati.



Untuk berpindah halaman bisa menggunakan tombol joystik keatas/kebawah. Untuk menu bisa memakai softkey kiri atau kanan. Menu-menunya yaitu:

Save BookMark - Menyimpan BookMark
Load BookMark - Membuka Bookmark
Navigator - Menu Navigasi.
Display options - Setting untuk display.
BackLight options - Seting lampu backlight
Autoscroll options - Seting untuk otomatis berpindah halaman
Date Time - Menunjukkan waktu dan tanggal
Book info - Informasi tentang buku
Help - Pertolongan
About - Tentang Program
Exit - Untuk keluar
Saat keluar maka aplikasi ini akan menyimpan halaman terakhir yang kita baca, sehingga saat membuka kembali maka akan langsung menuju ke halaman terakhir yang tadi telah dibaca.

Sedikit mengenai novel Ayat Ayat Cinta. Novel ini isinya sangat bagus dan penuh dengan nilai-nilai dakwah yang diselingi dengan bumbu romantisme yang menarik. Sebenarnya saya tidak begitu hobi membaca novel, tapi saat mencoba membaca novel ini melalui aplikasi ebook java hasil mjBookMaker akhirnya keterusan membaca sampai akhir. Hal ini membuat saya juga penasaran dengan filmnya, apakah akan bisa sebagus novelnya. Kita tunggu saja nanti. Namun sepertinya dulu kalau tidak salah lihat, di bioskop 21 Yogyakarta film ini pernah diputar. Agak lupa-lupa ingat, bener ngak ya?

Selamat Membaca

Source: http://darmawanku.wordpress.com/2008/01/25/membaca-novel-ayat-ayat-cinta-melalui-ponsel/

0 comments:

Poskan Komentar