"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 26 Januari 2009

Tips HP atau Laptop kecebur dalam air

Kasus handphone nyemplung kedalam kloset, bak mandi, atau kehujanan boleh dibilang sering. Berikut ini tips agar HP kesayangan anda tidak rusak. Video diambil dari youtube, berikut point-pointnya:

- Segera buka baterai (tidak usah menekan tombol shutdown/matikan)
- Lepas semua bagian yang memungkinkan, misal baterai, simcard, casing belakang, casing depan, dll
- Keringkan dengan menggunakan lap kering yang menyerap air, jika punya hair dryer akan lebih bagus tapi ingat jangan terlalu dekat dengan hp.
- Tempatkan handphone anda dalam kotak kedap udara dan isi dengan desiccant (yg isinya butiran bulat mirip pupuk) tapi jika anda tidak punya bisa dengan beras.
- Diamkan selama 3 hari

Tips bisa dilakukan untuk alat elektronik sejenis semisal PDA, laptop, dll. Kuncinya adalah segera matikan peralatan dan yakinkan kering ketika mencoba menyalakan kembali. Jika masih mati coba isi ulang baterai (recharger) kemungkinan terburuknya baterai saja yg mati.
Semoga beranfaat.

Pengalaman lainnya, copy dari kaskus

Originally Posted by temen kampus gw
Hasilnya:
- Setelah dicelup sekitar 4 jam 8310 gw ternyata rusak di tombol 6,9,#, tapi setelah dicoba2 beberapa kali dan direndem kira2 12 jam, 8310 gw pulih 99% (sekarang kadang susah dipencet tapi masih bisa)
-Setelah dicelup sekitar 4 jam 6500 gw ternyata matot (mati total) dan sama sekali gak bisa dinyalain, dinyalain cuma keluar tulisan nokia, terus gelap lagi. Tapi setelah direndem 12 jam, sekarang normal 100%
- Laptop setelah dicelup 1 harian ternyata masih bisa nyala! tapi layarnya rada aneh, rusak di bagian kiri bawah. laptop gak bisa dinyalain karena charger rusak.
- Charger awalnya rusak total, bener2 gak bisa nyala, tapi setelah gw rendem 1 minggu dan dibantu dengan gw lobangin di ujung supaya uap air bisa keluar karena charger laptop gak bisa dibuka, sekarang bisa nyala, ini baru terjadi 1 jam yang lalu! (18.00 14 Nov 200, dan ternyata bekas di layar bagian kiri bawah sudah hilang! meski ada bercak2 yang sama sekali tidak mengganggu dibandingkan kerusakan awal.

Penjelasan ilmiah

Kenapa beras?
Karena beras merupakan bahan alami yang dapat menyerap kelembaban udara dengan cukup baik dan ketersediaannya banyak, terutama di Indonesia yang menjadikan beras sebagai makanan pokok. Tetapi kalau ada yang punya silica gel dalam jumlah cukup banyak, tentu lebih baik pake silica gel, tapi gw yakin paling2 punya silica gel cuma bekas2 dari dus makanan ato elektronik, dan pasti gak cukup buat dicelupin hp, apalagi laptop.

Apakah dengan hair dryer kurang?
Kalau basah hanya pada bagian luar, maka penggunaan hair dryer saja cukup, namun jika basah sudah sampai ke dalam bagian elektronik yang tidak dapat dicapai oleh angin hair dryer, maka dibutuhkan treatment lain selain hair drying. Air yang terperangkap dalam elektronik tetap dapat menguap karena adanya tegangan permukaan air yang dapat menyebabkan air menguap dibawah titik didihnya. Penggunaan beras sebagai penyerap lembab disini berguna sebagai accelerator (pemercepat) terjadinya penguapan air di dalam elektronik. Mengapa itu terjadi? Hal ini berhubungan dengan kesetimbangan cair-uap, dimana jika uap dapat terus diserap oleh beras, maka akan semakin banyak air yang dapat teruapkan dengan cepat, sebelum air itu merusak elektronik dengan membuat korsleting, karat, dll.



Source: http://mumtazanas.wordpress.com/2008/09/21/bil-handphone-kena-air/; By BADra: http://usa.kaskus.us/showpost.php?s=a61189598dd7bd3fd16886e231a22314&p=53782777&postcount=1

0 comments:

Poskan Komentar