"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 09 Maret 2009

Cara Membikin Software Portable



Setelah cari-cari bisnis online yang menguntungkan, tak sengaja aku menemukan cara lain membuat software portable. langsung aja, caranya
Yang diperlukan:
1) Winrar : dapat diunduh di sini.
2) Universal Extractor : dapat diunduh di sini.
Install kedua software tersebut.
3) Software yang diportablekan
langkah-langkahnya:
1) Ambil Setup file software yang akan diprogramkan. misnya Mozilla Firefox set up file dan taruh dalam folder baru, mis ghoelam. kemudian klik kanan pada file setup tersebut dan pilih "UniExtract to Subdir".



2) Ini akan mengekstrak semua file dll dan folder dalam format executable (exe) file. nama file .exe tergantung dengan software yang akan diportablekan. kemudian copy nama ekstensi tersebut, misalnya setup.exe
3) Kemudian tekan Ctrl + A untuk mengblok semua hasil ekstrak tersebut, dan kemudian klik kanan dan pilih "Add to archive".



4) ketika memilih "Add to archive" muncul windows baru Winrar application. Di tab General yang paling kiri, contreng nomer nomer 23, eh salah, contreng yang bertuliskan Create SFX Archive



5) Kemudian pindah ke tab advance sebelah kanan tab general. dan klik "SFX Options".



Di Setup Program dalam Run After Extraction, masukkan nama file yang tadi dicopy di langkah 2



6) Kemudian beralih ke tab Modes dan contreng "Unpack to temporary folder" dan juga centang "Hide All" lalu klik OK untuk menutup SFX Options window dan tekan OK sekali lagi untuk menutup Winrar window.
7) Ketika kamu mengklik Ok yang kedua, Winrar akan membuat sebuah file dan file ini adalah aplikasi portable yang kita bikin tadi.
Software portable tersebut akan berbentuk seperti ini:



Selamat mencoba!!! Aku sendiri belum mencoba karena aku biasa pake thinstall, kalo gagal, ya, coba tanyakan kesumber yang kurujuk.


Source: http://84productions.blogspot.com/2008/09/how-to-make-create-portable.html

5 komentar:

  1. Terima kasih tutorialnya. Saya coba dulu yaaa...

    BalasHapus
  2. Lhah, ini apa bedanya sama install biasa?? Klo dilihat dr langkah2nya, kok ibaratnya cuma ekstrak trus dikompress lagi... Saya lhat bedanya cuma tidak ada konfirmasi di mana software diinstall. Sisanya sama saja dengan install biasa. Ini mah bukan portabel namanya. CMIIW. But thanx anyway!

    BalasHapus
  3. thx ya buat info nya,,,,seep lah

    BalasHapus
  4. Sippppp... lah buat loe

    BalasHapus
  5. menarik ni, akan q coba, thanks

    BalasHapus