"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Rabu, 21 Oktober 2009

Membuat Font Sendiri

1. Setelah sampai di depan halaman situs FontCapture langsung saja klik link Create your font now
2. Unduh font template-nya dan buka file form_template.pdf, setelah itu print/ cetak.


3. Berlanjut ke step dua, baca baik-baik petunjuknya untuk mengisi font di tiap-tiap kotak yang tersedia dengan benar.

memberikan batasan supaya tulisan dapat dideteksi dengan baik.

* Ascender: merupakan batas atas, tidak boleh melewati bagian atas dari garis tersebut jika tidak ingin hasil font terpotong
* Descender: merupakan batas bawah, tidak boleh melewati bagian bawah dari garis tersebut jika tidak ingin hasil font terpotong
* Baseline: kalau di kertas bergaris maka ini adalah garisnya, biasa untuk huruf kecil tertentu seperti g, j, p, q, & y setengah ada di atas dan di bawah garis/ melewati garis. Untuk garis ini boleh dilewati dan juga boleh tidak, terserah saja.

Tulis dengan menggunakan spidol, marker, boxy, dan lain-lain asalkan jelas, dianjurkan warna hitam.

Tidak harus mengisi semua kotak yang tersedia, cukup yang penting ada huruf alfabet besar & kecil ditambah angka-angka. Karakterlainnya bisa dihiraukan.

4. Setelah selesai scan kertas template tadi dengan pengaturan sebagai berikut:
Atur scanner supaya melakukan scan dalam mode grayscale atau color dengan besaran DPI di atas 200.

Gambar harus berorientasi portrait/ meninggi. Lakukan rotate jika hasilnya landscape/ melebar.Simpan gambar dengan ekstensi GIF atau PNG.






Jika saat menulis terdapat kesalahan atau hasil scanner tidak bersih, bisa diperbaiki dulu menggunakan Paint/ image editor lainnya supaya hasilnya bisa maksimal.

5. Tulis nama font, nama pembuat dan cari lokasi gambar font template disimpan. Baru klik Submit. Tunggu sampai selesai, waktunya bergantung kecepatan unggah internet Anda.


6. Setelah proses unggah selesai akan diperlihatkan hasilnya di halaman situs, dan jika cukup puas dengan hasilnya font bisa Anda unduh.

Beri nama file .TTF-nya, klik dua kali untuk melihat seperti apa detil keseluruhan bentuk font.


7. Cara menginstall

Windows: copy file .TTF & paste ke folder C:\WINDOWS\Fonts
Mac OS X: klik dua kali file .TTF & klik Install Font

Dan hasil akhirnya ....


Semoga infonya bisa bermanfaat. Anda bisa mencoba membuat font tulisan tangan sendiri, sehabis itu tulisan lain dengan bentuk yang unik, buat sekreatif mungkin. Jangan takut seperti apapun bentuk tulisan yang Anda buat tetap saja itu adalah tulisan tangan Anda sendiri yang pastinya beda dengan yang lain. Selamat mencoba.

Sumber: Udaramaya.com

1 komentar: