"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 20 Desember 2010

4 Latihan Pernapasan Pelepas Stres

Latihan pernapasan tak hanya akan mengurangi ketegangan, tapi juga dapat menambah energi, memperbaiki postur tubuh, membersihkan paru-paru, dan menambah kapasitas sistem pencernaan. Tak perlu tempat atau waktu khusus untuk melakukan hal ini seperti melakukan meditasi atau mengikuti kelas yoga. Latihan pernapasan dapat dilakukan kapan, di mana saja, dan oleh siapa pun.

Berikut empat latihan pernapasan yang sebaiknya diterapkan kaum hawa untuk mempertahankan pikiran dan tubuh yang sehat.

1. Duduk atau berdiri dalam posisi senyaman mungkin. Tutuplah mata. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan selama lima detik. Lalu, keluarkan napas secara perlahan dari mulut selama tujuh detik. Ulangi hingga lima kali.

2. Duduk dengan posisi tegak. Bayangkan dada Anda menjadi balon yang kempes lalu ambil napas melalui hidung seolah-olah Anda sedang menggembungkan balon itu. Dan ketika Anda mengeluarkan napas jangan biarkan pundak Anda jatuh, tetaplah tegak. Saat melakukan latihan ini jagalah irama napas, jangan sampai dipaksakan sehingga tubuh menjadi rileks, bukan malah semakin tegang.

3. Tutup mulut dan ambil napas melalui hidung dan tahan hingga lima detik lalu keluarkan melalui mulut, tapi sambil mengeluarkan suara seperti mendesing selama enam hitungan. Lakukan sebanyak tiga kali.

4. Bersandar, tutuplah mata, dan letakkan tangan dengan telapaknya menghadap ke perut bagian bawah. Ambil napas dan penuhi perut dan dada dengan udara. Tahan. Lalu, kelurkan udara secara perlahan sambil merelaksasikan tulang rusuk dan perut. Relaksasikan pula wajah dan pikiran Anda saat melakukan latihan ini selama 3-5 menit. (Pri/OL-06)

Sumber
MediaIndonesia.com

0 comments:

Poskan Komentar