"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 20 Desember 2010

Asal Usul Kopi

by iptekiua for group islamunderattack

Kopi adalah minuman paling populer di dunia saat ini, namun tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa kopi adalah buah karya muslim yang tetap disukai hingga saat ini.

Kopi berasal dari kata QAHVEH (bahasa arab) yang diadaptasi menjadi COFFEE dalam bahasa inggris dan menjadi KOPI dalam bahasa Indonesia.

ASAL USUL KOPI
Ilmuwan saat ini percaya bahwa kopi aslinya berasal dari Ethiophia, demikian juga dalam sejarahnya diceritakan bahwa kopi ditemukan abad ke-9 oleh seorang pengembala kambing yang bernama khalid (dibarat disebut kaldi). Khalid melihat kambingnya selalu melompat-melompat setiap kali ia memakan biji-bijian dari suatu tanaman yang kelak dinamakan kopi. Khalid mengikuti jejak kambingnya ini dengan mengkonsumsi biji kopi yaitu dengan merebusnya dalam air mendidih dan ia menemukan tubuhnya menjadi segar.

Penemuannya ini kemudian diceritakan kepada warga kotanya dan banyaklah orang mengikuti apa kata khalid, namun kepada pendeta mengatakan kekuatan kopi tersebut berasal dari syetan.

KOPI DI ARAB
Dari Ethiophia, Kopi dibawa ke Arab oleh Syekh Omar. pada abad ke-11 sudah menemukan cara mengolah kopi seperti cara yang kita gunakan saat ini yaitu digongseng. pada saat itu kopi menjadi minuman utama umat muslim. kepopuleran kopi bisa jadi disebabkan oleh 2 hal yaitu memberikan efek bugar kepada tubuh dan sebagai pengganti minuman khamr/alkohol yang dilarang dalam islam.

Kisah pengembaraan umat muslim tidak terlepas dari kopi, kemanapun muslim menyebarkan agamanya, kopi selalu dibawa. Sehingga pada abad ke-13 kopi sudah menyebar ke afrika utara, negara-negara mediterania dan india. dan pada abad ke-14 dan 15, budaya minum kopi sudah menyebar di turki, mesir, syiria, persia dll. Sampai abad ke-16 seluruh produksi kopi masih dikuasai arab.

PENYEBARAN KOPI KE SELURUH DUNIA
Pada abad ke-16, seorang India berhasil membawa pulang biji kopi yang belum digongseng dari mekkah lalu menanamnya di India selatan. Pada saat itu biji kopi yang belum diolah tidak boleh dibawa keluar dari mekkah.

Eropa tidak mengenal kopi hingga abad ke-17 ketika orang-orang Itali untuk pertama kali berhasil membawa biji kopi ke Venezia (1615). Kehadiran kopi di Itali segera tercium ke negara Eropa lainnya. satu tahun kemudian, Belanda memperkenalkan kopi ke negara-negara Eropa. Pada tahun 1650, untuk pertama kalinya Inggris memiliki kedai kopi di kota Oxford. 2 tahun kemudian Inggris sudah memiliki ratusan kedai kopi.

Di Indonesia, kopi pertama kali di bawa oleh kolonial Belanda tahun 1696. di sini Belanda membuka perkebunan kopi di pulau jawa dan menjual hasilnya ke Eropa. Penanaman kopi oleh Belanda sukses besar dan Amsterdam menjadi pusat perdagangan kopi se-eropa hingga abad ke-18. Pada abad ke-19, Brazil, wilayah jajahan prancis, juga panen raya kopi. keadaan ini menyebabkan harga kopi turun drastis dan kopi pun tidak lagi di konsumsi oleh kalangan elit tetapi sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan di Eropa.

KONTROVERSI SEPUTAR KOPI
Tahun 1600
Para pendeta kristen Itali meminta agar Paus Clement VIII mengharamkan kopi dengan alasan minuman ini adalah minuman orang kafir (muslim maksudnya). Sebelum memutuskan halal-haramnya, Paus mencicipi minum kopi dan merasakannya sebagai minuman yang sangat enak sehingga ia memutuskan kopi adalah halal.

Tahun 1670
Petisi Wanita mengajukan pelarangan minum kopi di London. mereka beralasan para suami lebih suka berada di kedai kopi daripada di rumah. King Charles II kemudian menyetujui petisi ini namun pelarangan minum kopi hanya bertahan 11 hari saja.

Tahun 1732
Sebastian Bach, komposer klasik, menciptakan "coffee cantata" yang berisi pujian kepada kopi dan melawan kebijakan pemerintah jerman yang melarang para wanitanya minum kopi karena dipercaya bisa menyebabkan kemandulan.

Tahun 1775
Frederick the Great melarang rakyat Prusia minum kopi dan menganjurkan untuk mengkonsumsi bir. Keputusannya ini mendapat protes dari rakyatnya.

KOPI DEWASA INI dan TANTANGAN KE DEPAN
Seperti kita tahu bersama, kedai kopi 'Starbucks" adalah kedai kopi paling populer di dunia saat ini. Namun kita juga tahu Starbucks adalah salah satu perusahaan milik yahudi yang mensupport kejahatan zionis. Selain itu, fakta menunjukkan bahwa walaupun perdagangan kopi hanya menguntungkan negara-negara maju. Ethiophia sebagai penghasil kopi terbaik dunia saat ini, petaninya tetap hidup dalam kemiskinan karna politik dagang yang membuat mereka menjual kopi dengan harga murah.

Melihat kenyataan ini, kiprah generasi muslim untuk merebut kembali kejayaan kopi sangat diharapkan terutama untuk menciptakan perdagangan kopi yang menguntungkan petani dan mengurangi dominasi zionis-yahudi atas eksploitasi kopi.

Bagi kita umat muslim Indonesia, peluang ini terbuka lebar karena kita bisa menemukan kopi dengan mudah. yang dibutuhkan adalah kemampuan meramu resep menjadi kopi yang lebih enak dan bermutu serta manajemen pemasaran yang baik.

Selamat berjuang, Islam mencintai muslim yang bekerja keras.

Ditulis oleh iptekIUA untuk islam sejuk

bibliografi:
- national geography
- wikipedia
- 1001 muslim invention
- decentcoffee.com
- inventors.com


Thanks to http://winbathin.blogspot.com/2010/01/kopi-ditemukan-islam.html

0 comments:

Poskan Komentar