"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Selasa, 16 Maret 2010

Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim

London, Inggris (CNN) — Pikirkan tentang asal-usul segala hal penting dalam kehidupan modern; secangkir kopi, dan Italia sering muncul dalam pikiran. Namun kenyataannya, Yaman adalah tempat berbagai macam minuman memiliki asal-usulnya. Bersama dengan universitas pertama, dan bahkan sikat gigi, semua adalah di antara penemuan umat muslim yang mengejutkan dan membentuk dunia hari ini.

Asal-usul dari berbagai ide dan objek penting ini—dasar bagi segala sesuatu mulai dari sepeda hingga skala musik—merupakan fokus dari “1.001 Inventions (1.001 Penemuan)”, sebuah buku untuk merayakan sejarah “yang terlupakan” 1.000 tahun warisan umat muslim.

“Ada lubang dalam pengetahuan kita. Kita melompat dari masa Renaissance ke masa Yunani,” ungkap professor Salim Al-Hassani, Ketua Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban, dan editor buku tersebut kepada CNN.

“1.001 Penemuan” saat ini dipamerkan di Museum Sains London. Hassani berharap pameran ini dapat menyorot kontribusi kebudayaan non-Barat—seperti kerajaan Islam yang pernah meliputi Spanyol dan Portugal, Selatan Italia dan membantang sejauh bagian Cina—untuk peradabaan hari ini. Hassani berbagi 10 penemuan besar umat muslim:

1. Bedah

Sekitar tahun 1000, dokter terkenal Az-Zahrawi mempublikasikan ensiklopedia 1.500 halaman bergambar tentang bedah yang digunakan Eropa sebagai referensi medis untuk 500 tahun setelahnya. Di antara sekian banyak temuannya, Zahrawi menemukan penggunaan usus kucing yang dihancurkan untuk menjahit luka—sebelumnya bedah kedua harus dilakukan untuk menghilangkan jahitan. Dia juga dikabarkan melakukan operasi caesar pertama dan menciptakan sepasang forceps [gunting kedokteran].

2. Kopi

Saat dunia barat meminum du jour, kopi pertama kali diseduh di Yaman sekitar abad kesembilan. Di masa awal, kopi membantu sufi tetap terjadi hingga larut malam untuk beribadah. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar, kopi segera masuk wilayah kesultanan. Pada abad ke-13 mencapai Turki, tapi tidak sampai abad ke-16 biji kopi mulai dididihkan di Eropa, dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

3. Mesin Terbang

“Abbas bin Firnas adalah orang pertama yang melakukan usaha nyata untuk membangun mesin terbang dan terbang,” kata Hassani. Pada abad kesembilan ia mendesain alat bersayap, dengan kasar meniru kostum burung. Dalam uji cobanya yang terkenal di Kordoba, Spanyol, Firnas terbang ke atas beberapa saat, sebelum kemudian jatuh dan mematahkan sebagian punggungnya. Desainnya menjadi inspirasi bagi artis dan penemu Italia terkenal, Leonardo da Vinci, ratusan tahun kemudian.

4. Universitas

Pada tahun 859 seorang putri bernama Fatimah Al-Firhi mendirikan gelar universitas pertama di Fez, Maroko. Saudarinya, Miriam, mendirikan sebuah masjid yang berdekatan dan bersama komplek itu menjadi Masjid dan Universitas Al-Qarawiyyin. Masih beroperasi hampir 1.200 tahun kemudian, Hassani berharap pusat ini akan mengingatkan orang-orang bahwa belajar adalah inti dari tradisi Islam dan kisah dari saudari Al-Firhi akan menginspirasi pemudi muslimah di seluruh dunia.

5. Aljabar

Kata aljabar berasal dari gelar seorang matematikawan Persia terkenal abad kesembilan dan risalahnya “Kitab Al-Jabr wal Mugabala” yang diterjemahkan kasar sebagai “The Book of Reasoning dan Balancing” [Buku Penalaran dan Keseimbangan]. Dibangun dalam akar sistem Yunani dan Hindu, perintah aljabar baru adalah sistem pemersatu bilangan rasional, bilang irasional dan magnitudo geometris. Matematikawan yang sama, Al-Khawarizmi, juga orang pertama yang mengenalkan konsep meningkatkan kekuatan angka [penemu angka nol].

6. Optik

“Banyak kemajuan paling penting dalam studi optik berasal dari dunia muslim,” sebut Hassani. Sekitar tahun 1000 Ibnul Haitsam membuktikan bahwa manusia melihat benda oleh pantulan cahaya mereka dan masuk ke mata, membantah teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dipancarkan oleh mata itu sendiri. Fisikawan besar muslim ini juga menemukan fenomena kamera obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar tegak lurus karena hubungan antara saraf optik dan otak.

7. Musik

Musisi muslim memiliki dampak mendalam di Eropa, kembali pada Charlemagne yang mencoba menyaingi musik Baghdad dan Kordoba. Di antara banyak instrumen yang tiba di Eropa melalui Timur Tengah adalah lute [semacam kecapi] dan rahab, “nenek moyang” biola. Skala musik modern dikatakan juga berasal dari huruf Arab.

8. Sikat Gigi

Menurut Hassani, Nabi Muhammad mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama sekitar tahun 600. Menggunakan ranting dari pohon meswak [siwak], beliau membersihkan giginya dan menyegarkan napasnya. Zat serupa dengan meswak digunakan dalam pasta gigi modern.

9. Engkol

Banyak dari dasar otomatis modern pertama digunakan dalam dunia muslim, termasuk sistem batang-terhubung engkol yang revolusioner. Dengan mengkonversi gerakan rotasi ke gerakan linear, engkol mampu mengangkat benda berat dengan relatif mudah. Teknologi ini, ditemukan oleh Al-Jazari di abad ke-12, meluas ke seluruh dunia, mulai dari sepeda hingga mesin pembakaran internal.

10. Rumah Sakit

“Rumah sakit sebagaimana yang kita tahu hari ini, dengan bangsal dan pusat pendidikan, berasal dari Mesir abad kesembilan,” jelas Hassani. Pusat medis pertama adalah Rumah Sakit Ahmad bin Tulun, didirikan pada tahun 872 di Kairo. Rumah sakit Tulun melayani perawatan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan—sebuah kebijakan yang berasal dari tradisi muslim untuk merawat semua orang yang sakit. Dari Kairo, sebuah rumah sakit meluas ke seluruh dunia muslim.

Sumber: CNN – Muslim inventions that shaped the modern world

http://ejajufri.wordpress.com/2010/02/10/cnn-penemuan-umat-muslim-yang-membentuk-dunia-modern/

1 komentar: