"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 01 Juni 2009

Trik Notepad ; Membuat File Notepad .txt Rahasia

Berikut ini adalah trik untuk menciptakan file rahasia txt cukup hanya dengan notepad. File tersebut tidak akan tampak di Windows Explore atau Dos. File ini hanya akan tampak jika anda tahu ingat dengan pasti (jangan sampe lupa) nama file anda dan tempat file tersebut di simpan.
Berikut ini triknya:
1. Buka Windows Command Prompt dari Start Menu -> Run -> ketik cmd dan tekan enter
2. Gunakan perintah DOS untuk memilih tempat simpanannya, biasanya dengan ketik C: atau D: atau terserah anda lalu enter
3. Sekarang ketik notepad VisibleFile.txt:HiddenFile.txt dan tekan enter. Anda dapat mengganti nama VisibleFile atau HiddenFile dengan nama lain terserah anda (yang penting adalah harus ada tanda : antara kedua nama file txt tersebut). Setelah itu akan muncul pesan Create a New file, klik Yes seperti gambar di bawah ini:

4. Sekarang masukkan data yang anda rahasiakan, simpan dan tutup notepad.
5. Lihat file di lokasi save anda, anda akan lihat file VisibleFile.txt (file yang tidak tersembunyi) di situ. Anda dapat membuka notepad tersebut dan masukkan data terserah anda sebagaimana file notepad biasanya.

6. File tersembunyi HiddenFile.txt tidak akan tampak di Windows Explorer atau DOS
7. Untuk membuka dan membaca/menulis file tersembunyinya, ketik di DOS command prompt, notepad VisibleFile.txt:HiddenFile.txt (atau sesuai dengan nama file pilihan anda tadi di langkah ketiga) lalu tekan enter

NB: Penting!! Jika file yang tampak (VisibleFile.txt) di delete/ dihapus maka file rahasian anda juga (HiddenFile.txt) akan terhapus.


Sumber: http://www.megaleecher.net/Notepad_Trick_To_Create_Hidden_Text_Files

0 comments:

Poskan Komentar