"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Minggu, 20 Juni 2010

Kamus Hanacaraka V.1.0, Konversi Aksara Jawa Ke Latin

Kabar kembira buat saudar-saudaraku yang ORANG JAWA atau yang sedang mempelajari budaya jawa dan belum memahami AKSARA jawa seperti HANACARAKA, telah hadir KAMUS HANACARAKA v.1.0 yg dapat di konversi aksara jawa ke LATIN.
Software ini dibuat oleh DINAS KEBUDAYAAN PROPINSI YOGJAKARTA.

Software ini dpt Mengkonversi Aksara yg memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.

Di program ini juga terdapat Menu pengenalan aksara yang membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.

Diantaranya ialah :
1. Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
2. Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
3. Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
4. Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
5. Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
6. Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.

Di program ini juga terdapat Soal-soal Latihan Aksara Jawa .
Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Keterangan lebih lanjut tentang penggunaan program HANACARAKA versi 1.0 dapat anda baca pada file HELP yang terdapat pada program tersebut.
Untuk Mendownload Software Hanacaraka klik Di SINI

Disarankan menggunakan akses internet yg cepat untuk mendownload file tersebut, karena berukuran 21.MB. Semoga Bermanfaat.

Thanks to http://kamerad69.blogspot.com/2010/03/kamus-hanacaraka-v10-konversi-aksara.html

0 comments:

Posting Komentar