"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Senin, 24 Januari 2011

Jalin Silaturahim Perpanjang Umur

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL–Indah betul ajaran Islam. Tak hanya sisi spiritual, banyak hal yang secara ilmiah terbukti kebenarannya. Salah satunya, adalah ajaran untuk menjalin silaturahim dan menyambungnya kembali jika terputus.

Penelitian yang dihajat The Crown Street Resource Centre membuktikan, pertemanan dapat membantu seseorang hidup lebih lama dan melewatinya dengan penuh rasa bahagia. Sebaliknya, seseorang yang kesepian akan melewatkan kehidupannya secara “menyedihkan”.

The Crown Street Resource Centre mengembangkan sebuah komunitas di mana orang-orang dengan masalah kesehatan mental dapat bertemu dan mengambil bagian dalam berbagai hobi dari musik untuk budidaya lebah madu. Di dalamnya, setiap orang yang datang dapat menjalin pertemanan.

Tricia Hagan, Konsultan Psikolog Klinis di Mersey Care NHS Trust, mengatakan, menjalin pertemanan memiliki manfaat besar bagi kesehatan fisik dan kesejahteraan rohani. “Hal ini bisa mendukung Anda hidup lebih lama,” ujarnya.”Plus, Anda mungkin bisa membantu orang lain untuk tidak merasa kesepian.”

Pertemanan, kata dia, bukan sekadar membuat kontak dengan orang lain, atau mendaftar banyak orang yang kita kenal. “Pertemanan yang dimaksud adalah kita menjalin silaturahim intens dengan mereka,” tambahnya.

Di The Crown Street Resource Centre, setiap anggota terapi saling berhubungan satu sama lain dan melakukan kegiatan bersama, yaitu merawat lebah dengan sangat santai dan menyenangkan. “Kelompok budidaya lebah madu adalah cara untuk mendapatkan orang yang terlibat dalam sebuah kegiatan, itu semua tentang membuat pertemanan dan mendorong orang untuk bergabung dengan kelompok atau asosiasi,” ujarnya.

Hagan mengatakan bahwa setelah bergabung dengan kelompok atau melakukan hobi bersama membantu seseorang dengan problem kesehatan mental menjadi lebih baik. “ia menjadi tidak asosial dan seolah menemukan hidupnya kembali,” tambahnya.

Pertemanan juga merupakan cara terbaik untuk memerangi kesepian. “Coba lihat baik-baik jaringan sosial Anda saat ini. Jika Anda ingin tahu lebih banyak orang maka bergabung dengan aktivitas lokal yang menarik minat Anda – grup buku, sandiwara amatir, klub olahraga, aneka kursus, dan sebagainya, maka Anda akan menemukan dunia yang terasa lebih luas,” ujarnya.

DbClix


SUMBER: Republika

0 comments:

Poskan Komentar