"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Rabu, 27 April 2011

Istilah-Istilah Penting Pada Twitter

Setelah kita punya account twitter, yang perlu kita pelajari dan ketahui selanjutnya adalah istilah-istilah penting yang terdapat pada twitter itu sendiri. Agar kita mudah beraktifitas di twitter, dan mengerti fungsi dan kegunaan dari fitur-fitur yang disediakan twitter. Banyak istilah yang berupa singkatan karena memang twitter hanya membatasi 140 karakter dalam menuliskan status. Istilah-istilah penting pada twitter sebagai berikut:

Tweet
Tweet merupakan pembaharuan atau sering disebut sebagai update yang dilakukan setiap pemilik account twitter yang memungkinkan semua orang bisa melihat apa yang dituliskan. Baik itu berupa ungkapan, kekesalan, kesenangan, kebingungan dan sebagainya. Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan.

Followers
Followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan/ update yang kita lakukan.

Following
Following adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow. Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball di bawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan)

Replay
Replay adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Yakni bertanya atau memberi info pada orang tertentu di twitter. Caranya: @+Usename. Misalnya: @ifadah_amalia.

Harus selalu gunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Sehingga tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.

Re Tweet
Ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali. Bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.
Contoh : RT @ifadah_amalia kunjungi: www.tokoku99.com

Trending Topic
Trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trending topics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita. Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat “Keluarga Bahagia” sedang banyak dibicarakan, maka Keluarga bahagia tersebut menjadi TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #Indonesia Unite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyak orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

Over Head
Over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut. Mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

Favorites
Favorites adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting.

Tweeple
Tweeple sebutan untuk penguna Twitter

Heard Trough
Heard Trough disingkat dengan HT. HT berbeda dengan RT. HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

Direct Message
Direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) pada kita.

Tanda @
Tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda. Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada username yang dimaksud. Contoh: kepada @Syamsuri_R, @ifadah_amalia, @Bobby_Oksa

Hash Tag
Hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, Keluarga Bahagia dan lainnya. Untuk mempermudah pencarian topik tersebut kita menulis #Bisnis Online sebagai keyword.

FollowFriday
FollowFriday adalah tradisi setiap hari Jumat dimana kita dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman kita yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namateman kita) yang kita rekomendasikan pada tweet kita.

Overloaded
Twitter membatasi penggunanya hanya dapat memfollow 2000 orang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari para Spammer.

Trick Twitter: Cara Memberi Comment di Twitter

Umumnya orang pasti sudah kenal yang namanya twitter, bahkan mungkin ada yang sudah sejak lama mempergunakannya yang tentunya sudah mempunyai follower yang banyak maupun following yang tidak sedikit.

Namun bagi anda yang baru menggunakan Twitter, tentunya mungkin sedikit bingung, Apa sih Twitter dan bagaimana cara kerjanya lalu siapa yang harus di follow? Info lengkap tentang apa itu twitter bisa di baca Apa dan Bagaimana Twitter itu.

Pertanyaan singkat sekarang, bagaimana cara memberikan comment di Twitter? Soalnya tidak seperti di Facebook dimana kolom komentar (entah itu berupa wall atau komentar pada status update) sangat mudah ditemukan dan digunakan, namun saat kita melihat profile seseorang di Twitter tidak ditemukan kolom komentar yang ada cuma statistik orang tersebut dan Timeline.

Untuk memberikan sebuah komentar di Twitter, anda bisa mencoba dua mudah cara berikut ini yakni mempergunakan fungsi @reply atau mempergunakan fungsi Direct Message, namun yang pasti sebelum anda mempergunakan kedua fungsi ini anda harus menjadi Follower dia, begitupun sebaliknya.

1. Fungsi @reply
Fungsi @reply ini bisa anda temukan pada profile Twitter seseorang, namun ada cara mudah mempergunakan fungsi @reply yakni dengan menulis langsung di box update anda sendiri. Cara mempergunakan fungsi @reply adalah tulis: @username(spasi)komentar anda dimana username diisi dengan username orang yang ingin anda berikan komentarnya. Sebagai catatan apa yang anda tulis dengan fungsi @reply akan selalu ada di public timeline, itu artinya orang lainpun bisa membaca apa komentar anda tersebut. Komentar yang diberikan dengan Fungsi @reply akan bisa dilihat pada menu @username orang yang bersangkutan.

2. Direct Message
Bila anda ingin komentar anda pada seseorang di Twitter tidak dibaca oleh orang lain, anda bisa mempergunakan fungsi Direct Message. Fungsi Direct Message ini bisa anda temukan di menu “Actions” di kolom sebelah kanan profile seseorang. Anda tinggal klik Message (username orang) lalu anda bisa menuliskan komentar anda dalam 140 karakter. Kalau anda ingin lebih cepat memberikan Direct Message tanpa harus melihat profile seseorang, anda bisa mempergunakan box update anda untuk memberikan Direct Message pada seseorang, caranya cukup anda tulis : D(spasi)Username(spasi)Komentar
Contoh Direct Message: D Britney Hello apa kabar? Kapan konser lagi?

Ini artinya anda memberikan Direct Message ke seseorang bernama Britney, dengan catatan bahwa si Britney ini harus telah jadi follower anda. dengan memberikan komentar lewat Direct Message, komentar anda tidak akan tampil di Timeline anda maupun Timeline orang yang anda beri komentar, namun akan masuk langsung ke inbox Direct Message seseorang.

Istilah-istilah tersebut disarikan dari: www.cahayailmukomputer.com

DbClix


http://tokoku99.com/artikel/399-istilah-istilah-penting-pada-twitter.html

0 comments:

Poskan Komentar