"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Sabtu, 16 Januari 2010

Berselancar di Dunia Maya Bisa Cegah Pikun

Internet ternyata tak hanya bermanfaat untuk mendapatkan informasi dan membangun jaringan. Menjelajah dunia maya ternyata bisa menjadi salah satu alternatif menyehatkan otak, terutama bagi orang lanjut usia (lansia) yang berpotensi mengalami demensia atau kepikunan.

Berdasarkan hasil penelitian dari tim Universitas California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, berselancar di internet bisa meningkatkan aktivitas otak bagi orang-orang lanjut usia.

Lebih lanjut, dr Koemalawati Widjaja SpS, spesialis saraf RS Spesialis Husada Utama menjelaskan, ketika seorang lansia berselancar di dunia maya, otak dilibatkan dalam aktivitas yang rumit sehingga dapat membantu untuk melatih dan memperbaiki fungsi otak

Koemalawati menambahkan, surfing internet hampir sama dengan membaca buku. Sebagaimana membaca buku, berinternet membuat wilayah otak yang mengendalikan bahasa, aktivitas membaca, daya ingat, dan kemampuan visual terus bekerja.

Hal ini dikuatkan oleh laporan harian Sunday Times of London, yaitu dibanding membaca penggunaan internet akan menstimulasi pikiran lebih kuat. Efek dari berselancar di internet juga berlangsung lebih lama setelah kegiatan tersebut berakhir.

Berinternet bahkan menghasilkan aktivitas tambahan signifikan pada otak yang mengendalikan pembuatan keputusan dan pertimbangan kompleks. Jika dibandingkan dengan aktivitas membaca sederhana, surfing internet melibatkan pilihan yang menuntut orang untuk memutuskan apa yang harus diklik demi mendapatkan informasi yang diinginkan.

Saat seseorang bertambah tua, menurut Koemalawati, diyakini terjadi sejumlah perubahan nyata pada otak. Termasuk, penciutan dan pengurangan aktivitas sel yang dapat memengaruhi kemampuan dan fungsi otak. Sudah lama diduga bahwa aktivitas yang membuat otak tetap aktif, seperti bermain puzzle atau membaca, dapat meminimalkan dampak penuaan otak.

"Memainkan instrumen musik, main catur, menjaga gizi seimbang, dan berolahraga secara teratur juga dapat menghindarkan diri dari demensia," paparnya. (vn/kp/ika – www.esqmagazine.com)

http://www.esqmagazine.com/kesehatan/2009/10/19/619/berselancar-di-dunia-maya-bisa-cegah-pikun.html

0 comments:

Poskan Komentar