"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? ...Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! ...Klik disini-1 dan disini-2"

Selasa, 19 Januari 2010

Ternyata Api Berasal Dari Tumbuhan

Tentu anda bingung membaca judul di atas. Apa hubungan antara api dan tumbuhan? Dan bagaimana mungkin api tercipta dari tumbuhan karena 2 benda tadi berbeda karakter & wujud? Ada banyak hal yang mengungkap tumbuhan dalam Alquran. Tapi yang satu ini Tuhan mengisyaratkan secara terang-terangan: yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu (Yaasin 36 : 80)

Tentu saja, api tidak tercipta begitu saja karena pertemuan dua cabang yang masih basah sisa embun pagi. Ada baiknya kita cermati sistem yang Allah ciptakan dalam gambar di bawah ini :

Jika kita menelusuri sebenarnya sumber energi api diperoleh dari matahari. Mahluk apakah yang pertama kali menangkap & men’jebak’ energi tersebut? Tiada lain, tumbuhan.

Kita patut bersyukur pada Tuhan karena telah menciptakan suatu zat hijau daun (klorofil) di dalam jaringan daun. Lewat klorofil inilah energi matahari ini diubah menjadi energi kimia. Proses ini kita kenal dengan istilah Fotosintesis.

Energi kimia yang dihasilkan disimpan dengan baik. Jika tumbuhan mati akan jadi cadangan batubara, minyak dan energi lain untuk beberapa ratus tahun mendatang. Ini adalah material dasar dimana api muncul.

Tak terbayangkan jika tumbuhan sudah tidak punya klorofil. Tak ada yang menangkap energi matahari. Tak ada lagi proses fotosintesis. Tumbuhan lama kelamaan punah. Kalau tak ada tumbuhan, bagaimana hewan bisa bertahan hidup? Jika sudah tak ada tumbuhan & hewan, tentu, manusia pun berangsur-angsur akan punah.

Tanpa kita sadari, bumi ini beserta seluruh kehidupan di dalamnya amat bergantung pada tumbuhan. Banyak sekali disiplin ilmu yang bergantung pada mahluk yang satu ini. Sebut saja, Phitologi, Phitografi, Fisiologi tumbuhan/ hewan, Ekologi, Kimia bahkan ilmu Geologi.

Jadi begitulah rupanya Tuhan kaitkan antara api & tumbuhan. Dibalik setiap pantikan api lewat sebatang korek api yang kita nyalakan ternyata ada jalur-jalur rahasia & rumit yang dilalui agar cahaya panas yang tepercik bisa menerangi setiap ruang-ruang dalam rumah kita. Inilah keajaiban tumbuhan.

Thanks pada http://www.mukjizatalquran.com/

0 comments:

Posting Komentar